Cicipi Gulai Baby Lobster Yang Lezat Menggoda

Filed under: sajian — Kusman @ 2:01 am

Laporan J. Totok Sumarno

suarasurabaya.net| Lobster, biasanya selalu hadir dengan aneka bumbu, dan yang paling kerap muncul dengan berbagai saus. Kali ini, dengan sentuhan bumbu tradisional Nusantara, lobster tampil menjadi sajian luar biasa lezat.

Gulai Baby Lobster oleh CICIK Sous Cheef Surabaya Plaza Hotel telah mendapatkan sentuhan aneka bumbu dan cita rasa Nusantara yang sangat kental. “Bumbu-bumbu yang kita pakai memang hampir seluruhnya dari Nusantara. Ini resep asli Nusantara. Kalau biasanya gulai daging kambing, atau sapi. Kali ini lobster,” ujar CICIK.

Dengan warna kekuningan, serta bumbu yang tajam, menjadikan sajian Gulai Baby Lobster lebih nikmat bila disantap dengan sepiring nasi putih hangat. “Apalagi kalau disantap dalam keadaan masih hangat. Pasti lebih nikmat,” tambah CICIK pada suarasurabaya.net.

Bahan Untuk Gulai baby Lobster:
1. Baby Lobster atau lobster ukuran tidak terlalu besar, potong dua bagian. Cuci dan taburi dengan perasan air jeruk dan garam.
2. Daun Kunir 2 lembar.
3. Santan kelapa 1 liter.
4. Cabe merah 100 gram.
5. Jagung muda 10 biji.
6. Jahe 10 gram.
7. Kunir 10 gram.
8. Bawang putih 50 gram.
9. Belimbing wuluh 50 gram.
10. Kacang 25 gram.

Cara membuat:
1. Campurkan semua bumbu, tidak termasuk daun kunir, panaskan dan tumis sampai rata diatas wajan panas. Aduk terus atau tumis sampai aroma harumnya keluar.
2. Menyusul masukkan kedalam wajan panas yang sudah terisi tumisan bumbu, daun kunir. Lalu masukkan Baby Lobster. Biarkan agak sedikit panas.
3. Tuangkan santan kelapa kedalam seluruh campuran aneka bumbu tadi dengan Baby Lobster didalamnya. Panaskan sampai menggumpal-gumpal.
4. Sajikan diatas piring lalu tambahkan disebelahnya nasi hangat.

Foto: TOTOK suarasurabaya.net

sumber : suarasurabaya.net