PERILAKU KONSUMEN

Kata Pengantar

Puji syukur saya panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas karunia dan hidayah-Nya penulis dapat menyelesaikan makalah ini.
Penulis mencoba meyajikan makalah “ Loyalitas Konsumen Terhadap Produk Air Minum Aqua “ yang bertujuan membantu pembaca untuk mengetahui sejauh mana konsistensi produk air minum aqua dalam melayani konsumen.
Pada kesempatan ini’ penulis ingin berterima kasih kepada pihak-pihak yang mendukung terselesaikannya makalah ini. Penulis mengharapakan saran dan kritik yang membangun demi kesempurnaan makalah ini.
Semoga makalah ini bermanfaat, Amin.

Bab I
Pendahuluan

A.Latar Belakang
Untuk melakukan kegiatan sehari-hari tentunya manusia sangat membutuhkan air, mulai dari makan,minum,mandi dan segala keperluan lain. Khususnya untuk keperluan makan dan minum, masyarakat kini ditawarkan dengan berbagai merek air minum yang memang sangat dibutuhkan mengingat air sumur atau air tanah di kawasan ibukota tidak layak miunm.
Separuh dari tubuh manusia adalah cairan, oleh karena itu jika saja dalam sehari manusia kekurangan cairan maka sistem pencernaan,ginjal hingga otak tidak mampu bekerja secara maksimal. Ditengah-tengah kondisi ibukota yang kondisi air tanahnya semakin memprihatinkan, sejak tahun 1973 AQUA konsisten dengan kualitasnya membantu seluruh masyarakat Indonesia untuk lebih sehat.
Di dunia kesehatan, terbukti air mineral yang bersih mampu menyehatkan dibanding minuman rasa. Oleh karena itu produk AQUA harus dikembangkan demi tercapainya masyarakat yang sehat.
Judul makalah ini sengaja dipilih karena menarik untuk dicermati dan perlu adanya dukungan dari semua pihak.
B.Batasan Masalah
Untuk memperjelas ruang lingkup pembahasan, maka masalah yang dibahas dibatasi pada masalah :
a. Peran aqua untuk turut serta menyehatkan dan mencerdaskan konsumen
b. Faktor-faktor yang mempengaruhi konsistensi AQUA terhadap konsumen
C.Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang dan batasan malah tersebut, maka masalah-masalah yang dirumuskan sebagai berikut :
a. Bagaimana peran aqua untuk turut serta menyehatkan dan mencerdaskan bangsa ?
c. Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi konsistensi aqua terhadap konsumen ?

Bab II
Pembahasan

A.Tujuan dan peran AQUA
AQUA hadir di Indonesia pada tahun 1973 atas ide almarhum Tirto Utomo (1930-1994). Percobaan produksi dilaksanakan pada bulan Agustus1974 dan produk komersil dimulai sejak tanggal 1 Oktober 1974 dengan kapasitas produksi 6 juta liter setahun. Produk pertamanya adalah AQUA botol kaca 950 ml yang kemudian disusul dengan kemasan AQUA 5 galon, pada waktu itu juga masih terbuat dari kaca. Tahun 1974 hingga tahun 1978 merupakan masa-masa sulit karena masih rendahnya tingkat permintaan masyarakat terhadap produk AQUA.
Tujuan AQUA adalah untuk membantu menyehatkan konsumen dengan kesehatan konsumen sebagai prioritas utama. Air mineral yang sehat sangat dperlukan tubuh untuk melakukan aktifitas sehari-hari.Oleh karena itu, aqua diambil langsung dari sumber mata air pegunungan. AQUA berasal dari sumber mata air terpilih yang mewakili sebagian dari sumber mata air alami terbaik di Indonesia. Menemukan mata air yang sesuai kriteria AQUA bukanlah pekerjaan mudah. Pada saat menemukan sumber mata air alami, harus dipastikan bahwa setiap sumber mata air pegunungan harus memenuhi 9 poin kriteria yang kemudian melewati 5 tahap proses seleksi yang ketat sebelum akhirnya dapat dijadikan sumber mata air untuk AQUA.
9 kriteria yang harus dipenuhi dalam pemilihan mata air pegunungan adalah:
1.Jumlah debit air dari sumber air harus seimbang dengan kebutuhan. Hal ini karena AQUA ingin memastikan bahwa lingkungan di sekitar mata air tetap terjaga.
2.Parameter fisik, misalnya PH atau tingkat konduktivitas.
3.Parameter kimia, seperti misalnya keberadaan elemen kalsium atau magnesium yang sesuai dengan standar SNI.
4.Parameter mikrobiologi, misalnya ketiadaan bakteri-bakteri yang kurang baik bagi kesehatan, sesuai dengan standar SNI.
5.Lingkungan mata air dan keberadaan sumber-sumber yang berpotensi untuk menjadi sumber polutan, karena penting bagi AQUA untuk memberikan air yang penuh dengan segala kebaikan alam.
6.Stabilitas parameter fisik, yaitu pemantauan jangka panjang terhadap kemungkinan berubahnya parameter fisik dalam periode waktu tahunan.
7.Stabilitas parameter kimia, yaitu pemantauan jangka panjang terhadap kemungkinan berubahnya parameter kimia dalam periode waktu tahunan.

8.Kesinambungan sumber air, dimana dalam proses pemilihan mata air, AQUA memastikan bahwa mata air tersebut dapat bersifat berkesinambungan, baik dari segi kualitas maupun jumlah debit.
9.Ketersediaan infrastruktur yang mendukung namun tetap menjaga lingkungan sekitar sumber mata air.

Lebih dari 100.000.000 penduduk Indonesia mengkonsumsi aqua, banyak pula merek-merek air mineral lain bermunculan, namun kualitas AQUA yang sudah teruji lama membuat konsumen tidak beralih ke produk lain. Kebutuhan AQUA untuk aktifitas sehari-hari sangat besar seperti di salah satu kelurahan di daerah Bekasi Timur mengkonsumsi lebih dari 370 galon per bulan. Kenyataannya AQUA memperluas jaringan hingga ke pelosok negeri. Hal lain yang menjadi trend positif bagi perusahaan sebesar AQUA, yaitu ingin berkontribusi secara proaktif dan berkelanjutan untuk memberikan solusi terhadap permasalahan yang ada, termasuk kesulitan akses air bersih di Indonesia demi mewujudkan peningkatan kebiasaan hidup sehat keluarga.

Bab III

Penutup

A.Kesimpulan
Berdasarkan uraian dari pembahasan “ Loyalitas Konsumen Terhadap Produk Air Minum Aqua “ dapat disimpulkan bahwa :
a. Peranan AQUA terhadap Kesehatan masyarakat sangat besar .
b. Kepuasan konsumen menjadi prioritas utama dengan diimbangi oleh pengelolaan dan konsistensi kualitas dengan mengedepankan mutu produk.
B.Saran
Berdasarkan peranan AQUA dalam memajukan kesehatan masyarakat, penulis memberikan saran sebagai berikut :
a. Penggunaan air sebagai sumber bahan baku produk tidak harus mengesampingkan Lingkungan agar terjadi keseimbangan antara pengggunaan bahan baku dan pemeliharaan alam.

Daftar Pustaka

http://www.aqua.com
http://history-our.blogspot.com